Bentuk Barisan / Formasi Barisan / Formasi Baris Berbaris (FBB)

ada berbagai macam bentuk Barsan dalam Gerakan Pramuka. Bentuk Barisan ini sering Kita kenal dengan istilah Formasi Baris Berbaris (FBB). memang mudah dalam mempelajari Formasi Baris Berbaris ini, namun jika tidak di dukung dengan sebuah media (gambar), kadang juga agak sulit.
berikut Berbagai Macam bentuk Barisan, yang saya kutip dari Buku Saku Pramuka. Dalam Gambar yang saya desain ulang, disamping Gambar Intruksi, juga saya Gambar Aplikasi melaksanakan Perintah Barisan. semoga Gambar ini dapat bermanfaat bagiadik2 pramuka yang tengah belajar Formasi Baris Berbaris.



BENTUK BARISAN

1. BERDERET.
Kedua lengan tangan dibentangkan kesamping, setinggi Bahu. Aplikasi barisannya adalah : Anggota berbaris lurus secara berderet menghadap ke Instruktur barisan /ketua.

2. ANGKARE
Kedua lengan tangan dikepalkan dan diacungkan ke atas. Aplikasi barisannya adalah : Anggota berbaris membentuk hurif U (bentuk U siku 90 derajad)  dengan Intruktur/ketua tepat berada di tenganh barisan. Barisan yang beada di sebelah kiri ketua menghadap kanan, barisan yang berada disebelah kanan ketua menghadap kiri dan barisan yang berada di depan ketua saling berhadapan dengan ketua.

3. LINGKARAN BESAR
Kedua ujung jari tangan di lekatkan tepat diatas kepala / membuat lingkaran dengan kedua tangan disekeliling badan. Aplikasinya: Anggota membentuk lIngkaran besar (dengan jarak agak renggang satu dengan anggota lainnya). arah anggota semua menghadap ke pusat lingkaran. Ketua/Instruktur berada tepat di tengah lingkaran.


4. LINGKARAN KECIL
Kedua ujung telunjuk dan ibu jari tangan di lekatkan tepat diatas kepala / membuat lingkaran dengan kedua tangan disekeliling badan. Aplikasinya: Anggota membentuk lIngkaran kecil (dengan jarak rapat satu dengan anggota lainnya). arah anggota semua menghadap ke pusat lingkaran. Ketua/Instruktur berada tepat di tengah lingkaran.





5. SETENGAH LINGKARAN 
Kedua belah tangan di bentangkan lurus ke samping bawah dan di gerakkan dari kanan ke kiri, kiri ke kanan di depan badan.. Aplikasinya: Anggota membentuk setengah lingkaran. arah anggota semua menghadap ke pusat  setengah lingkaran. Ketua/Instruktur berada tepat di tengah setengah lingkaranlingkaran.


6. KOLONE TERBUKA
Kedua belah tangan diangkat setinggi bahu, jari2 merapat menghadap ke dalam.. Aplikasinya: Anggota membentuk barisan yang saling bertolak belakang satu dengan anggota lainnya.


7. KOLONE TERTUTUP
Kedua belah tangan dikepalkan dan di angkat di depan badan setinggi bahu. kepalan antar du tangan rapat. Aplikasinya: Anggota membentuk barisan yang saling berhadapan satu dengan anggota lainnya.


7. ANAK PANAH
Kedua belah tangan diangkat di depan dada dan jari-jari dirapatkan. Aplikasinya: Anggota membentuk beberapa barisan lurus yang terpusat pada satu titik


Continue,,,

0 Komentar:

Post a Comment

 
2012 Rifki Tekno | Blogger Templates for HostGator Coupon Code Sponsors: WooThemes Coupon Code, Rockable Press Discount Code

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!